Persiapan Payudara Selama Kehamilan

April 8, 2010 at 4:56 pm


hamil-senyum

Rekan semua, payudara akan mencapai fungsi teratasnya saat seorang wanita hamil, melahirkan, dan menyusui. Begitu banyak dan rumit metaboslime yang terjadi di dalam payudara selama rentang waktu tersebut. Ketidaknormalan fungsi payudara dapat menjadi gangguan serius yang berujung pada ketidakmampuan ibu memberikan ASI pda bayinya.  Karenanya penting bagi calon ibu untuk merawat payudaranya, agar semua berjalan sebagaimana yang diharapkan.  Bagiamana mempersiapkan payudara selama kehamilan? Silakan simak tulisan berikut ini…

Ketika wanita sedang hamil banyak yang perlu dipersiapkan selain untuk kelahiran dan untuk selama melahirkan. Payudara pun juga harus dipersiapkan sejak kehamilan yaitu perawatan payudara karena untuk menyiapkan diri ketika memberikan air susu ibu (ASI) untuk si buah hati saat dia lahir kelak. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting dan wajib dilakukan selama kehamilan. 

Payudara akan membesar dan warna di daerah sekitar putting akan lebih gelap dan lebih sensitive / peka. Sehingga jika terkena sentuhan sedikit saja akan terasa sakit dan tegang karena tubuh sedang bekerja mempersiapkan diri untuk memberikan makanan pada si jabang bayi nantinya.

Bagi yang yang baru pertama kali mengandung, kemungkinan agak merasa kesulitan bagaimana cara merawat payudara saat hamil dan berikut ini caranya:

1. Persiapkan puting susu. Caranya putar secara lembut puting antara telunjuk dan ibu jari sekitar 10 detik sewaktu mandi, gunakan bantuan baby oil atau minyak zaitun jika payudara sangat peka sentuhan. Jika ada masalah, seperti puting susu yang melesak ke dalam, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.

2. Umumnya payudara akan membesar sesuai usia kehamilan. Makanya jika bra/BH terasa mulai sempit, segera ganti dengan ukuran yang baru. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa kenyamanan dan menopang payudara secara lebih baik. BH yang kesempitan hanya akan membuat gerah dan gerak tidak leluasa. TIPS: agar berhemat, beli BH yang dapat digunakan juga ketika menyusui. BH ini biasanya mempunya ‘jendela’ yang bisa ‘dibuka-tutup’ untuk keperluan menyusui bayi.

3. Pada bulan-bulan terakhir kehamilan / hamil tua, pijatlah secara lembut payudara di daerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu. Saat dipijat, mungkin akan sedikit keluar kolustrum (cairan kental bewarna kekuningan dari puting), hal ini tidak apa-apa. Teruskan saja pemijatan yang bertujuan untuk membantu membuka saluran susu.

4. Jangan lupa, bersihkan payudara dan puting. Hindari menggunakan sabun di daerah puting yang dapat menyebabkan daerah ini kering. Cukup gunakan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Nah, mudah bukan?

Entry filed under: Seputar Payudara. Tags: , , , , , , , , , , , , , , .

Perkembangan Payudara Selama Kehamilan dan Menyusui Bra Untuk Persiapan Menyusui


UPDATE artikel baru akan saya infokan ke email anda! GRATIS!
silahkan masukkan data anda :

Join 3 other followers

Calender

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 61,767 hits

%d bloggers like this: